Tentang KPRI

Nama Badan Usaha  : KPRI Handayani Semarang
Bidang Usaha            : Jasa dan Perdagangan
Alamat                        : Jl. Raya Sekaran Kampus UNNES Sekaran Gunungpati Semarang
Telepon                      : 024~8508124-8508037
Fax                               : 024~8508037
E-mail                         : kpri_hdyn66@yahoo.co.id
Website                      :kpri-handayani.com

Unit Usaha                :

  1. Unit Simpan Pinjam
  2. Unit Pertokoan
  3. Unit AHASS
  4. Unit Jasa & Arisan Motor
  5. Unit Rekanan dan Pengadaan Barang

Visi KPRI Handayani Semarang

Menjadi organisasi bisnis modern dengan mengedepankan nilai-nilai, norma dan prinsip koperasi berdaya saing global mampu mewujudkan kesejahteraan anggota dan masyarakat dengan berbasis sistem informasi manajemen koperasi (SIMKOP).

Misi KPRI Handayani Semarang

  1. Meningkatkan peran serta anggota dan masyarakat dalam mendukung usaha koperasi dengan mengutamakan prinsip sinergi, kesetaraan dan keuntungan bersama.
  2. Mengembangkan struktur dan tata kerja organisasi lebih responsif dan inovatif, tanggap terhadap aspirasi, kebutuhan dan kepentingan anggota dalam memperoleh layanan berkualitas secara kompetitif.
  3. Mewujudkan organisasi usaha yang tangguh dengan motivasi dan semangat kerja optimal melalui   peningkatan  dedikasi,  disiplin, dan kemampuan kerja.
  4. Sistem pelayanan yang menyatu dengan kebutuhan organisasi dan usaha yang responsif terhadap perkembangan global dengan memanfaatkan sistem informasi manajemen koperasi (SIMKOP).

KPRI Handayani Semarang merupakan koperasi fungsional yang anggotanya adalah PNS UNNES baik dosen maupun tenaga administrasi. Secara kedudukan KPRI Handayani Semarang adalah koperasi  tingkat primer, yaitu koperasi yang berkedudukan pada tingkat paling rendah dalam tata organisasi koperasi di Indonesia.  Sebagai koperasi primer, KPRI Handayani Semarang menjadi anggota Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Semarang. PKPRI Kota Semarang ini beranggotakan koperasi-koperasi primer yang ada di wilayah Kota Semarang. Selain sebagai anggota PKPRI Kota Semarang, KPRI Handayani Semarang juga merupakan anggota gerakan koperasi tingkat Kota Semarang, yaitu Dekopinda Kota Semarang. Selanjutnya PKPRI Kota Semarang yang membawahi KPRI Handayani Semarang itu merupakan anggota Gerakan Koperasi Pegawai Republik Indonesia (GKPRI) Propinsi Jawa Tengah, dan GKPRI Propinsi Jawa Tengah yang membawahi PKPRI Kota Semarang itu juga merupakan anggota Induk Koperasi Pegawai Negeri Republik Indonesia (IKPRI-RI) yang berkedudukan di Jakarta sebagai organisasi koperasi tingkat nasional.

Sebagai suatu organisasi dan dalam rangka kelancaran pelaksanaan pencapaian tujuan koperasi, KPRI Handayani Semarang telah memiliki struktur organisasi yang mencakup unsur-unsur; rapat anggota, pembina, pengawas, pengurus, dan karyawan. Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam struktur organisasi KPRI Handayani Semarang. Pembina berfungsi sebagai tempat konsultasi dalam sifat bimbingan dan pembinaan. Pengawas mempunyai fungsi kontrol terhadap tata kerja pengurus. Peranan pengawas tentunya sebagai aparat yang melakukan pengawasan dengan berpedoman pada Rencana Kerja, Rencanan Anggaran Pendapatan dan Beban, serta Kebijaksanaan yang telah disepakati dalam RAT.  Pengurus sebagai perwakilan anggota dan mengemban amanah langsung anggota bertugas menjalankan organisasi perusahaan koperasi serta mewakili koperasi di pengadilan. Karyawan adalah petugas yang diangkat pengurus dengan fungsi untuk menjalankan perusahaan koperasi sehari-hari yang sesuai dengan kondisi structural dalam manajemen.

Leave a Comment