Kemenperin Gandeng Tiga Kementerian Terkait untuk Bangun Brand Indonesia

Kementerian Perindustrian menggandeng tiga kementerian terkait, yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membangun brand fashion Indonesia agar terus berkembang hingga mencapai kelas dunia yang antara lain dilakukan melalui penyelenggaraan Indonesia Fashion Week (IFW) 2012.

Demikian disampaikan Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat, di Jakarta, Selasa silam. Rencana penyelenggaraan IFW 2012 pada 23-26 Februari 2012 di Jakarta Convention Center.

“Untuk mencapai cita-cita terbangunnya brand fashion Indonesia berkelas dunia, diperlukan dukungan dari berbagai pihak. Di samping itu, Kementerian Perindustrian juga berkoordinasi dengan Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,” kata Menperin.

Menurut Hidayat, fashion merupakan bagian dari industri kreatif yang termasuk dalam lingkup binaan Kementerian Perindustrian sebagaimana diamanatkan pada Inpres Nomor 6 Tahun 2009 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif. Oleh karena itu, dalam IFW 2012 Kementerian Perindustrian memberikan fasilitasi pembiayaan booth untuk 261 desainer dan IKM Fashion, seminar, diskusi, rapat-rapat persiapan, dan rangkaian fashion show.

Secara umum, pembagian peran masing-masing Kementerian adalah Kementerian Perindustrian akan memfokuskan pada aspek pelatihan dan pengembangan desain, bantuan peralatan, standardisasi produk, serta memfasilitasi Pilot Project Local Brand. Kementerian Koperasi dan UKM mengembangkan pembinaan melalui pelatihan kewirausahaan guna mewujudkan pengelolaan usaha yang modern yang memiliki jejaring usaha yang luas, pembinaan koperasi untuk perkuatan kelompok usaha anggotanya.

Kementerian Perdagangan diharapkan dapat memfasilitasi pembentukan lembaga bisnis franchise lokal, temu bisnis investor, merchandiser department store, dan produsen serta pelatihan pembinaan ekspor menjadi produsen eksportir.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memfasilitasi penciptaan trend local content untuk inspirasi global, pengembangan desain, sosialisasi tren, dan brand positioning produk lokal di dunia.

Peran komunitas desainer juga sangat menentukan dalam memberikan imajinasi tren desain terkini dan forecasting trend mode yang dapat diaplikasikan oleh dunia usaha fashion.

IFW 2012 dirintis oleh Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) pada pertengahan tahun 2011. Event tersebut menjadi salah satu topik bahasan Breakfast Meeting di Kementerian Perindustrian yang dihadiri semua stakeholder terkait, terutama para desainer dan pengusaha fashion, Asosiasi Pertekstilan Indonesia, Kadin, perbankan, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan kementerian terkait.

IFW 2012 merupakan awal dari rangkaian kegiatan fashion Indonesia menuju tahapan target yang akan dicapai, yaitu pada tahun 2012 memperkuat produk/material, pada tahun 2013 menguasai pasar lokal, dan pada tahun 2014 melaksanakan international roadshow. (sabar)
Sumber : JAKARTA, (TubasMedia.Com)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>