17 Persen Lulusan Perguruan Tinggi Tertarik Jadi Wirausahawan

JAKARTA – Minat berwirausaha para lulusan perguruan tinggi (PT) di Indonesia masih sangat rendah. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Kemenkop UMKM hanya 17 persen lulusan PT yang tertarik menjadi wirausahawan.
Kajian Kemenkop UMKM terbaru Januari 2012 menyebutkan, jumlah wirausahawan baru 1,56 persen dari total penduduk Indonesia. Persentase ini jauh lebih kecil dibandingkan Malaysia yang mencapai lima persen dan Singapura tujuh persen.

Deputi Menteri Koperasi dan UKM Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Agus Muharram mengatakan, secara persentase jumlah wirausahawan sudah naik “Tiga tahun lalu, persentase wirausaha hanya 0,8 persen, saat ini menjadi 1.56 persen,” kata Agus. Menurut Sosiolog David McClelland, untuk membangun ekonomi suatu bangsa, minimal dibutuhkan dua persen dari total jumlah penduduk. Jadi, kita masih butuh 0,44 persen lagi untuk meningkat sampai dua persen,” ujar Agus. Saat ini Indonesia ada 4,8 juta wirausahawan dan di negara maju setiap tahun lahir satu wirausahawan muda.

Sumber : Republika

Tags: , , , , , ,

Leave a Comment