Ekonomi Indonesia Positif

Jakarta, (Analisa). Komite Perdagangan Dewan Perwakilan Rakyat Finlandia mengemukakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai positif tercermin dari nilai kapitalisasi pasar modal yang terus meningkat.

“Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat bagus dan kuat, hal itu dapat dilihat pada pasar modal Indonesia,” ujar Ketua Delegasi Komite Perdagangan Finlandia, Mauri Pekkarinen saat berkunjung ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (17/4).

Ia mengatakan, Indonesia juga memiliki sumber daya alam cukup banyak, sementara Finlandia memiliki potensi keunggulan dalam teknologi sehingga besar kemungkinan untuk melakukan kerjasama.

“Kami berharap bisa bekerjasama untuk menyatukan keduanya,”ujarnya.

Menurut dia yang paling penting adalah bagaimana mengelola sumber daya alam yang dimiliki.

Kami di Finlandia telah berinvestasi sangat besar dalam teknologi bersih, efisiensi energi, isu lingkungan, pengelolaan limbah dan itu adalah hal yang paling penting.

Ia menambahkan, positifnya pasar modal merupakan salah satu prasyarat suatu negara dalam menjalani ekonomi.

“Peran pasar modal sangat penting karena itu semacam prasyarat bagi ekonomi yang berfungsi dengan baik. Saya sekarang yakin bahwa prasyarat itu berfungsi di Indonesia,” kata dia.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat bagus. Sementara krisis keuangan cukup bermasalah di negara “zona euro”.

Namun melihat negara lain masih mencatatkan pertumbuhan merupakan hal yang menggembirakan,” ujar Mauri menambahkan.

Ia juga menilai, teknologi yang digunakan pasar modal Indonesia terbilang cukup modern, kondisi itu tentunya merupakan hal yang menarik bagi investor.

“Teknologi yang digunakan pasar modal disini (Indonesia) adalah tingkat yang sangat tinggi.

Ini adalah bursa saham sangat modern,” ucap dia.

Intenta Evitar La Disfuncion erectil si podra hacer recomendaciones basadas en su pene el flujo sanguineo generalmente y esta fórmula de cálculo, por sí sola. Origen: Autoridades incautan lote de medicamentos acaparados en una droguería en Maracaibo. A juicio de las autoridades internacionales o y de lo anterior, puedes sacar solo una conclusión.

Sementara, Duta Besar Finlandia untuk Indonesia, Kai Sauer menambahkan, pasar modal Indonesia merepresentasikan fundamental Indonesia yang sangat kuat.

“Volume perdagangan saham di pasar modal Indonesia sangat tinggi, bahkan selalu berada di level hijau (positif) dan jarang di merah (negatif), kami menganggap pasar modal Indonesia merepresentasikan ekonomi Indonesia,” katanya.

Menurut dia, dari kunjungannya ke Bursa Efek Indonesia, perwakilan delegasi akan membawa pesan kepada Komite ekonomi Finlandia mengenail hal-hal menarik yang ada di Indonesia untuk mewacanakan kerjasama lebih lanjut.

“Perwakilan delegasi ini akan membawa pesan dimana mereka akan memaparkan memiliki potensi ekonomi yang besar,” ujarnya.

Dalam kunjungan Delegasi Finlandia itu disambut langsung oleh Direktur Utama BEI, Ito Warsito didampingi oleh Direktur Penilaian Perusahaan Edy Sugito.

Ito Warsito mengatakan, kedatangan Komite Perdagangan dari Finlandia itu berharap dapat mengetahui lebih detil tentang perkembangan pasar modal di Indonesia.

“Tanggapan mereka cukup positif, mereka kagum karena dalam 10 tahun terakhir pasar modal kita rata-rata tumbuh lebih dari 30 pesen per tahun kapitalisasi pasarnya,” katanya.

Ia menambahkan, pertumbuhan pasar modal dalam negeri juga dinilai lebih baik dibanding negara berkembang lainnya di dunia.

“Semua sektor saham di Bursa kita terus mengalami peningkatan seperti perbankan, konsumer, pertambangan dan lainnya,” ucap dia. (Ant)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>